Scientific Gathering 2 & Keforismaan


Halo FORISMA-ers!

Di sela-sela liburan akhir semester genap ini, yuk kita kilas balik lagi kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan oleh berbagai departemen di FORISMA…

Setelah rampung dengan Scientif Gathering 1, FORISMA kembali mengadakan acara serupa yang bertajuk Scientific Gathering 2. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 1 Juni 2013 dengan tema KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Pada kegiatan ini, FORISMA sukses menghadirkan pembicara-pembicara hebat yang membahas beberapa masalah kaitannya dengan dunia kedokteran. Selain itu, ada juga pembicara yang mengupas tentang TEMILNAS. Satu lagi yang tak kalah seru adalah presentasi beberapa senior yang juga tergabung dalam FORISMA mengenai materi-materi simposium nasional yang telah mereka hadiri.

Acara dimulai tepat pukul 08.30 dan dibuka oleh sambutan-sambutan, di antaranya dari ketua FORISMA, Fariztah Sukainah NF, dan dari ketua penyelenggara  Scientific Gathering 2, Ahmad Badrus Zaman. Selanjutnya materi pertama mengenai MDGs (Millennium Development Goals) yang dibawakan oleh dr. Sulis dari Departemen IKM-KP. MDGs merupakan topik yang sedang banyak dibicarakan terutama di kalangan tenaga kesehatan, karena hal ini meliputi banyak aspek dan tidak bisa tercapai secara instan. Dalam pembahasan ini, dr. Sulis lebih banyak mengulas mengenai improve maternal health. Di akhir presentasi, sebelum membuka sesi tanya jawab, dr. Sulis mempromosikan kembali 2 website jurnal terakreditasi milik Universitas Airlangga yaitu Juxta dan IJTMH. Jangan lupa di-klik link nya ya! :)

Pembicara kedua adalah dr. Ragil Nur Rosyadi dari RSPTI, yang mana sukses menghidupkan atmosfer diskusi dengan para peserta Scientific Gathering 2. Sesuai dengan tema “Neglected Tropical Disease” yang menjadi tema TEMILNAS tahun ini, ada beberapa penjelasan singkat yang diberikan terkait Tropical Disease itu sendiri. Pembicara selanjutnya adalah Beatrix Rosella dari Pendidikan Dokter 2010. Pembicara ketiga ini memaparkan dengan baik mengenai “Renal Pathology dan Efisiensi Biopsi Ginjal”. Beranjak ke segmen 4, di mana Ilham Ikhtiar yang juga dari Pendidikan Dokter 2010 membawakan tema “Short Course Neurology”.  Secara garis besar, pembicara lebih banyak membahas tentang stroke, langkah preventif, dan langkah kuratif yang dapat dipilih. Dilanjutkan dengan pembicara kelima, yaitu Ilham Pratama dari Pendidikan Dokter 2010. Melanjutkan topik pembahasan sebelumnya, kali ini  pembicara lebih menjelaskan mengenai TIA.

Pada segmen keenam, presentasi tentang SOBU dibawakan oleh Erlangga dan Ily dari Pendidikan Dokter 2010. Dalam presentasi ini pembicara menjelaskan tentang eklamsi/preeklamsi dan penangangan partus yang sesuai untuk memperkecil peluang terjadinya perdarahan. Menginjak segmen terakhir ada Wigit Kristianto dari Pendidikan Dokter 2010 yang memberikan penjelasan mengenai DNA. Meski presentasi yang dibawakan cukup rumit, namun pembicara mampu menarik minat peserta dengan sangat baik.

Acara Scientific Gathering 2 resmi ditutup oleh pembawa acara, dan seperti biasa di akhir acara diadakan evaluasi FORISMA dari masing-masing departemen. Ini dia beberapa dokumentasinya :)






Bukan cuma itu lho, kegiatan lainnya dari FORISMA adalah Keforismaan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2013 lalu. Tujuan diadakannya acara ini diantaranya adalah untuk meningkatkan  rasa kepemilikan anggota FORISMA terhadap organisasi FORISMA, memperkuat kerjasama antar anggota FORISMA, dan menciptakan suasana kekeluargaan antar anggota FORISMA. 

Setelah berkumpul di kampus FKUA, kami kemudian berangkat ke lokasi acara yaitu di hutan mangrove. Setelah registrasi selesai, acara dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan, serta briefing. Sambutan-sambutan disampaikan oleh Prof. Dr. Indri Safitri J. Mukono, dr., MS. selaku Wakil Dekan I FKUA, dr. Purwo selaku dosen pembimbing FORISMA, dan Fariztah Sukainah NF selaku Ketua FORISMA. Kegiatan selanjutnya adalah menanam pohon bakau dan juga outbond. Acara ini pun diakhiri dengan makan rujak bersama :D


Bagi yang belum sempat ikut acara ini, siapkan dirimu untuk ikut Keforismaan tahun depan karena acara ini merupakan acara yang rutin diadakan setiap tahunnya :)

No comments:

Post a Comment