ALUR MASUK FORISMA, SIMPLE DAN NGGAK RIBET LHO…

Sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik maba 2013 yang telah antusias untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan diadakan FORISMA dan meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog FORISMA. Postingan kali ini, akan dibahas alur untuk menjadi anggota yang nantinya akan menjadi pengurus FORISMA. Persyaratan untuk menjadi anggota FORISMA nggak susah kok, simple aja yaitu cukup dengan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti WMR, WP, SGD, SG, dan Oprec. Berikut ini penjelasan dari masing-masing kegiatan tersebut.

1. WMR (Workshop Metodologi Riset)
Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib untuk maba 2013. Dalam kegiatan ini, akan difokuskan pada metodologi penggalian ide kreatif dan fokus pada pembuatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Dari acara ini, maba akan memperoleh informasi mengenai cara menggali ide dan membuat PKM dengan baik. WMR akan diadakan pada tanggal 29 September 2013. Untuk acara yang keren ini, HTMnya cuma 10 ribu kok… Pendaftaran sudah dibuka dan bisa membayar ke komting masing-masing kelas.

2. WP (Welcome Party)
Acara bukan merupakan acara wajib namun bersifat wajib untuk kamu yang ingin menjadi anggota FORISMA. Acara ini diadakan di Institute of Tropical Disease (ITD) Kampus C Universitas Airlangga pada tanggal 4 Oktober 2013. Fokus acara ini adalah penyambutan dan perkenalan maba dengan ITD dan FORISMA. Acara ini sangat asyik lho.. karena kalian akan diajak untuk berkeliling ITD untuk melihat seperti apa ITD itu sebenarnya. HTMnya cuma 10 ribu. Pendaftaran sudah ditutup karena keterbatasan tempat di ITD. Namun, adik-adik yang mau gabung di FORISMA masih bisa mengikuti Oprek, SG dan SGD.

3. SGD (Scientific Group Discussion)
Sesuai dengan namanya, fokus acara ini adalah berdiskusi. Karena dengan berdiskusi, akan terjadi pertukaran informasi dalam suatu forum keilmiahan. SGD akan dibuka dalam 2 sesi yaitu kelas besar dan kelompok kecil. Apa sih yang akan didiskusikan? Yang akan didiskusikan adalah penugasan ilmiah dalam SGD ini. Di SGD nanti akan diberikan penugasan ilmiah yang wajib untuk dikerjakan. Penugasan apakah itu? Untuk sementara masih rahasia ya…Tapi dijamin tugas ini mengasyikkan dan seru untuk dikerjakan. Untuk pelaksanaan SGD, waktunya belum ditentukan. Nanti akan ada pemberitahuan lebih lanjut.

4. SG (Scientific Gathering)
SG diadakan dua kali yakni tgl 22 dan 29 Oktober 2013. Acara ini akan membahas tentang cara presentasi ilmiah, pembuatan poster dan essay ilmiah. Acara ini sangat bermanfaat dan seru. Pendaftaran dibuka saat Oprec FORISMA yaitu tanggal 30 September-3 Oktober 2013.

5. Oprec
Untuk teman-teman yang sudah mendaftar WP, berhak untuk mengikuti Oprec (Open Recruitment). Oprec bertujuan sebagai penempatan staff magang FORISMA di departemen-departemen yang ada di FORISMA. Oprec diadakan selama 4 hari yaitu mulai tanggal 30 September-3 Oktober 2013. Mulai pukul 13.00 sampai 16.15 di Lab.Forisma SC. Formulir pendaftaran bisa diunduh di blog ini dan harap dibawa saat oprec ya...

Secara singkat, syarat masuk FORISMA adalah mengikuti kegiatan-kegiatan diatas dengan baik. Mudah kan? Acara-acara tersebut sangat bermanfaat dan dijamin seru. Sampai jumpa saat WMR ya!


1 comment:

  1. Ayo2, bagi adek-adek yang berminat gabung di FORISMA, segera unduh formulirnya yaa, lalu dibawa waktu oprec. ikuti juga acara-acara yang diadakan oleh FORISMA :)

    ReplyDelete