Tentang Program Kreatifitas Mahasiswa

PKM? Apa sih PKM itu? Buat apa kita bikin PKM?

Mungkin itu beberapa pertanyaan yang terlintas di pikiran beberapa dari kita. That’s what this posting for! Artikel sederhana ini mencoba memberikan sedikit gambaran pada kita tentang PKM. So, take your seat and enjoy reading!

Program Kreativitas Mahasiswa atau yang disingkat menjadi PKM merupakan suatu program yang dicanangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti. Program ini merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Indonesia sekaligus memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitasnya. Disadari pula bahwa terdapat kesenjangan antara teori yag didapatkan mahasiswa dengan realita kebutuhan di masyarakat. PKM di sini berperan dalam memudahkan mahasiswa dalam menerapkan apa yang mereka dapatkan di bangku kuliah pada kehidupan masyarakat.

Awal mulanya pada tahun 1997, PKM bernama Program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) yang merupakan kunci utama dari Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT).  Namun seiring waktu, KAM dirasa terlalu membatasi ruang kreasi mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan intelektual yang beragam. Pada tahun 2001, barulah KAM dikembangkan menjadi PKM yang memberikan kesempatan pada mahasiwa untuk berkreatifitas seluas-luasnya.

PKM telah berlangsung selama kurang lebih 13 tahun terhitung sejak diresmikannya oleh DP2M Dirjen Dikti. Pada rentang waktu tersebut, PKM mengalami banyak perkembangan. Pada awalnya hanya dikenal 5 jenis kegiatan yang ditawarkan pada PKM. Selanjutnya pada tahun 2009 menjadi 6 jenis PKM dan pada tahun 2011 sampai terakhir dilaksanakannya pada tahun 2014, terdapat 7 jenis PKM yang diselenggarakan. Walaupun terdiri dari 7 jenis, secara garis besar PKM dapat dibedakan menjadi 2 , yaitu PKM Proposal Kegiatan yang selanjutnya disebut PKM 5 Bidang dan PKM Proposal Karya Tulis. Berikut akan dijelaskan satu per satu.

1.       PKM Proposal Kegiatan
a.       PKM-Penelitian (PKM-P)
Sesuai dengan namanya, PKM-P berfokus pada program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu terkini. PKM-P juga dapat berbentuk upaya pemecahan masalah humniora.
b.      PKM-Kewirasusahawan (PKM-K)
PKM-K merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha. Bukan wirausaha namanya jika kita tidak memperhatikan aspek profit. Profit yang dihasilkan juga harus dikemukakan dalam PKM inI. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Mahasiswa memainkan peran utama dalam wirausaha ini, bukan masyarakat ataupun mitra lainnya.
c.       PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M)
PKM-M merupakan program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat yang sementara ini dinilai kurang produktif. Karena hubungannya dengan pengabdian, maka dalam proposal yang diajukan disyaratkan  adanya komitmen bekerjasama secara tertulis dari komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi khalayak sasaran.
d.      PKM-Teknologi (PKM-T)
PKM-T merupakan program bantuan teknologi atau manajemen atau lainnya bagi industry berskala mikro atau kecil, menengah atau bahkan berskala besar, yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program. Kebutuhan calon mitra program menandakan bahwa pada PKM-T ini diharuskan adanya kerjasama dengan mitra program seperti kelompok masyarakat yang dinilai produktif, misalnya: pedagang, penjual jasa dan sebagainya.
e.      PKM-Karsacipta (PKM-KC)
PKM-KC merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Perbedaannya dari PKM-T adalah karya cipta yang dihasilkan bisa saja belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

2.       PKM Proposal Karya Tulis
a.       PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
PKM-AI merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan kelompok dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat
b.      PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
PKM-GT merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan visioner kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan dapat mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi sistem yang berjangka panjang berdasarkan hasil karya pikir yang cerdas dan implementatif. 

Dari ketujuh macam proposal tersebut, semua akan bermuara di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), kecuali PKM-AI, karena PKM-AI telah berwujud artikel ilmiah sehingga kurang relevan didiskusikan dalam PIMNAS (tunggu posting berikutnya tentang PIMNAS dan kejayaan FK UNAIR ya J)

That’s all! Itu tadi gambaran singkat tentang apa itu PKM dan macam-macamnya. Semoga artikel ini dapat membuat kita (terutama untuk angkatan 2015, hehe) lebih paham tentang PKM ya. Tetap semangat!


Sumber: Pedoman Program Kreatifitas Mahasiwa Tahun 2014

No comments:

Post a Comment